Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Disini kamu akan belajar untuk mengolah pesan secara informatif,komunikatif, dan efektif, serta se-kreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan). 

Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Disini kamu akan belajar untuk mengolah pesan secara informatif,komunikatif, dan efektif, serta se-kreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan). Disini kamu akan banyak kegiatan praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Awalnya prodi ini dikenal dengan nama Desain Grafis. Namun seiring perkembangannya, Desain Grafis berkembang menjadi DKV. Perbedaan yang mendasar dari keduanya terletak pada medianya. Di awal perkembangannya Desain Grafis mengacu pada ruang lingkup grafis 2D (gambar) di media cetak. Namun DKV cakupannya lebih luas lagi, karna pesan visual kini tidak hanya dalam bentuk grafis 2D di media cetak, tapi juga grafis 3D dan grafis bergerak di media elektronik dan berbagai jenis media baru yang muncul seperti media interaktif web.

Kalau kamu ingin mengeksplor bakatmu dalam dunia desain lebih dalam, prodi DKV adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Disini kamu akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika. Prodi ini juga tepat untuk kamu yang suka menggambar secara manual atapun menggunakan perangkat lunak desain grafis, fotografi, videografi, serta membuat animasi.

Lulusan DKV memiliki peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif. Prospek karir lulusan DKV antara lain di agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang web, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan, dan masih banyak lagi. Lulusan DKV juga dapat menjadi desainer lepas (freelance) yang dapat memasarkan karyanya kemana saja. Desainer Komunikasi Visual saat ini masih lebih banyak dikenal dengan sebutan Desainer Grafis sebagai profesi. Selaku Desainer Grafis dibawah suatu perusahaan, kamu harus bisa memenuhi tuntutan perusahaan.

Profesi dan Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual

1. Desainer Produk Komersial dan Industri
2. Kurator Seni
3. Editor Film dan Video
4. Fotografer
5. Animator dan Seniman Multimedia
6. Seniman Kerajinan (Craft Artists)
7. Sutradara
8. Seniman, Termasuk Pelukis, Pemahat, dan Illustrator
9. Produser TV / Film / Video
10. Desainer Video Game