Di kompetensi keahlian Animasi kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Lebih lengkapnya, disini kamu akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat story board, dan menulis skenarionya.

Animasi adalah cabang Ilmu Seni Rupa Terapan (Desain) yang mempelajari cara membuat sebuah gambar menjadi terkesan hidup, baik itu gambar karakter ataupun gambar suasana, Animasi merupakan lanjuran dari ilmu grafis sebagai bentuk perkembangan seni desain dalam berbagai bentuk akhir.

Di kompetensi keahlian Animasi kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Lebih lengkapnya, disini kamu akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat story board, dan menulis skenarionya. Selain membuat tampilan visualnya, kamu juga harus mengolah audionya dengan memberikan sound effects dan mengisi suara karakter-karakternya.

Apabila kamu adalah penggemar berat film animasi atau penikmat game dengan visual animasi yang keren, sepertinya kamu cocok dengan prodi ini. Apalagi bagi kamu yang berminat untuk belajar jadi animator handal. Belakangan industri animasi sedang naik daun. Selama ini produksi film-film animasi masih banyak berasal dari Hollywood, namun belakangan industri peranimasian Indonesia mulai bangkit. Sebenarnya Indonesia punya banyak anak muda berbakat di bidang animasi yang dapat meningkatkan kiprah Indonesia di bidang animasi.

Prospek Kerja Jurusan Animasi

Ada banyak peluang kerja untuk lulusan prodi Animasi, seperti studio animasi dengan tawaran penghasilan yang tinggi. Lulusan Animasi dapat berkarir sebagai concept art yang mana berperan penting dalam referensi visual sebelum dijadikan 3D. Selain itu, lulusan Animasi juga dapat menjadi storyboard artist, animator keyframe, perancang game, background painter, sutradara, produser film animasi, dan lain-lain.

1. Program Director
2. Manajer Teknis Penyiaran
3. Produser TV / Film / Video
4. Desainer Video Game
5. Talent Director
6. Penerbit Digital
7. Editor Film dan Video
8. Animator dan Seniman Multimedia
9. Desainer Visual Efek